Wallpaper, Pemilihan, pemasangan dan bahan

Wallpaper, Pemilihan, pemasangan dan bahan

 

Jika Anda memutuskan untuk memakai wallpaper untuk rumah Anda, ada baiknya Anda membaca artikel ini untuk mengetahui lebih banyak sebelum Anda datang ke toko wallpaper untuk memesan wallpaper di rumah Anda.

Wallpaper dinding pada awalnya adalah kertas yang ditempelkan untuk membuat dekorasi. Saat ini bahan wallpaper dinding sudah sangat beragam seperti bahan kertas, kain, kulit, vinyl, bahkan dari kulit tanaman, daun dan sebagainya. Berbagai macam bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Bahan kertas yang disebut ‘embossed’ adalah bahan kertas bermotif timbul yang dapat dicat. Bahan ini cukup mudah untuk dibersihkan namun kurang bagus untuk dinding yang lembab yang dapat merusak wallpaper itu sendiri.

Bahan kain juga cukup digemari karena memiliki tekstur yang menarik dan dapat menunjang kesan ‘homy’ sebuah rumah. Tekstur dan polanya dapat menimbulkan kesan lembut untuk ruangan rumah. Jenis ini agak sulit untuk dibersihkan dan sebaiknya digunakan untuk ruangan-ruangan yang tidak banyak debu atau kemungkinan terkena debu kecil, seperti di belakang kabinet TV, atau dibelakang meja foyer. Sebaiknya tidak menggunakan jenis ini untuk area yang sering dilalui seperti area tangga.

Bahan foil atau lapisan logam. Bahan ini digemari bila pemilik menyukai kesan mengkilap. Bahan ini mudah dibersihkan tetapi membutuhkan keahlian khusus dalam pemasangannya.

Bahan Vinyl. Sebagai bahan yang berasal dari plastik, keunggulannya adalah kemudahan membersihkan, dan memiliki tekstur yang banyak macamnya karena mudah dibentuk. Pilihan ini cukup sesuai untuk kamar mandi karena sifatnya yang tahan air. Selain itu juga sangat sesuai untuk daerah dan dinding lembab.

Tentang pemilihan pola dan hiasan walpaper.

Mengingat banyaknya jenis pola dan hiasan wallpaper, akan sangat membantu bila Anda bekerja sama dengan interior designer, agar hasilnya maksimal. Sebagai pedoman pemilihan, berikut ini hal-hal penting untuk diperhatikan;

Warna Wallpaper

Warna menentukan kesan ruangan, misalnya kesan yang diinginkan adalah kesan luas, sebaiknya tidak memilih warna gelap. Pilih dari warna terang. Bila ruangan kecil, jangan memilih wallpaper dengan warna gelap.

Ruangan yang besar bisa ‘dikurangi’ secara visual dengan menambahkan wallpaper berwarna gelap pada salah satu atau dua dindingnya.

Pola Wallpaper

Garis

Pola garis vertikal akan membuat ruangan tampak lebih tinggi, sedangkan pola horizontal akan membuat ruangan lebih luas.

Besar motif

Besarnya motif memberikan kesan berbeda. Motif yang besar-besar cenderung menjadikan ruangan tampak sempit, karenanya tidak disarankan untuk memilih pola motif yang besar-besar untuk ruangan kecil. Jadi ruang kecil sebaiknya memakai pola motif yang kecil-kecil dan berwarna terang, sedangkan ruangan besar, bisa menggunakan pola yang besar-besar dengan warna gelap.

Untuk pemasangan, biasanya toko wallpaper pasti memiliki installer untuk membantu Anda menginstall. Untuk pemasangan wallpaper anda bisa menghubungi 082132673033 atau PIN bb 27F63B60

 

Leave a Reply

www.distroblogger.com